Sabtu, 05 November 2011

Membuka Pintu Rezeki ala Rasulullah

Manusia itu adalah makhluk sosial. Hidup berkelompok dengan segala interaksinya. Dalam interaksi tersebut terciptalah sebuah persaingan. Persaingan untuk memdapatkan rezeki sebanyak mungkin sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.
Allah senantiasa mewajibkan untuk mencari rezeki yang halal. Rezeki yang tidak dalam praktek kecurangan. namun bagaimana jika rezeki yang kita dapat sedikit? Rasulullah memberikan tips bagaimana kita membuka pintu rezeki:
  • Membaca “La ilaha illallah”. Rasulullah bersabda yang diriwayatkan oleh Imam At-Tabrani “Barang siapa yang lambat datang rezekinya hendaklah mengucapkan la hawla wala quwwata illa billah.”
  • Membaca la ilaha illallahul malikul haqqul mubin”. Rasulullah bersabda yang diriwayatkan oleh Imam Abu Nu’aim dan Imam Ad-Dailami “Barang siapa setiap hari membaca la ilaha illallahul malikul haqqul mubin maka bacaan itu akan menjadi keamanan dari kefakiran dan menjadi penentram dari rasa takut dalam kubur”.
  • Melanggengkan beristighfar. Rasulullah bersabda yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Imam Abu Dawud dan Imam Ibnu Majah “Barang siapa melanggengkan istighfar, niscaya Allah mengeluarkan dia dari segala kesusahan dan memberikan dia rezeki dari arah yang tidak diduganya”.
  • Membaca surah Al-Ikhlas. Rasulullah bersabda yang diriwayatkan oleh Imam At-Tabrani “Barang siapa membaca surah Al-Ikhlas ketika masuk rumah maka berkah bacaan menghilangkan kefakiran  dari penghuni rumah dan tetangganya”.
  • Membaca surah Al-Waqi’ah. Rasulullah bersabda yang diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman “Barang siapa membaca surah Al-Waqi’ah setiap malam maka tidak akan ditimpa kesempitan hidup”.
  • Memperbanyak sholawat atas Nabi saw. Ubay bin Ka’ab meriwayatkan, bila telah berlalu sepertiga malam, Rasulullah saw berdiri seraya bersabda “Wahai manusia, berdzikirlah mengingat Allah. Akan datang tiupan sangkakala kiamat pertama, kemudian diiringi tiupan kedua. Akan datang kematian dan segala kesulitan yang ada didalamnya”.
  • Membaca “subhanallah wabilhamdihi subhanallahil adzim”. Rasulullah bersabda yang diriwayatkan oleh Imam Al-Mustaghfiri dalam Ad-Da’awat, dinukilkan dari Ihya Ulumiddin Al-Gazali. “… dari setiap kalimat itu seorang malaikat yang bertasbih kepada Allah sampai hari kiamat yang pahala tasbihnya itu diberikan untukmu”.
       Itulah beberapa tips yang diberikan oleh Rasulullah untuk membuka pintu rezeki kita. Sebagai seorang muslim, kita harus senantiasa bersyukur menerima apa yang diberikan oleh Allah kepada kita. Namun insyaAllah dengan berbagai hal yang kita lakukan, Allah akan memberikan rezeki kepada kita lewat pintu yang tidak terduga-duga. Semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. terima kasih..mohon izin share dalam blog saya

    BalasHapus
  2. alhamdulillah, sangat bermakna

    BalasHapus
  3. Jazakalloh Ahsanal Jaza... mohon izin copy/paste untuk pengamalan

    BalasHapus