Jumat, 21 Oktober 2011

Kata-kata dari Sufi Bayazid Al Busthomi

Sufi Bayazid Al Busthomi bercerita tentang dirinya seperti berikut:

"Waktu masih muda aku ini revolusioner, dan aku selalu berdo'a, "Tuhan berilah aku kekuatan untuk mengubah dunia!"

"Ketika aku sudah separuh baya dan sadar bahwa setengah hidupku sudah lewat tanpa mengubah satu orangpun, aku mengubah do'aku menjadi, "Tuhan berilah aku rakhmat untuk mengubah semua orang yang berhubungan denganku; keluarga dan kawan-kawanku dan aku akan merasa puas."

"Sekarang ketika aku sudah menjadi tua dan saat kematianku sudah dekat, aku mulai melihat betapa bodohnya aku. Do'aku satu-satunya adalah, "Tuhan berilah aku rakhmat untuk mengubah diriku sendiri."

"Seandainya sejak dulu aku berdo'a begitu, maka aku tidak begitu menyia-nyiakan hidupku!"
Setiap orang berpikir untuk mengubah umat manusia. Hampir tak seorangpun berpikir untuk mengubah dirinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar