Sabtu, 23 Februari 2013

Keutamaan Bacaan Basmalah & lafadz Laa ilaaha illallah

Fadhilah bacaan basmalah

              Dalam kitab tanqih al-qaul ada sebuah hadits yang menerangkan keutamaan membaca basmalah yaitu : Besok di hari kiamat ummatku datang untuk membaca basmalah, sehingga timbangan amal baiknya bertambah berat. Kemudian ummat nabi yang lain pada berkata: sebab apa timbangan amalnya ummat muhammad bertambah berat??? Para nabi menjawab : sebab diawal perkataan ummat muhammad saw itu selalu menyebut asma Allah yang mulia.

Allah menjadikan ayat basmalah sebagai obatnya segala penyakit, menolak segala kefakiran, hijab neraka, selamat dari musuh.
Fadhilah kalimat laa ilaaha illallah

            Rasulullah bersabda : barang siapa yang membaca kalimat tauhid dengan memanjangkan lafadz “laa” maka diampuni 4000 dosanya. Dan barang siapa setiap hari membaca kalimat tauhid 100x, maka besok di hari kiamat dia akan menghadap Allah dengan wajah yang bersinar seperti rembulan purnama. Paling utamanya dzikir kepada Allah itu membaca kalimat tauhid dan paling utamanya do’a yaitu membaca hamdalah. Membaca kalimat tauhid itu tidak ada tandingannya. Setiap membaca kalimat tauhid, jiwa dan raga manusia bisa bersih dan suci dari syirik dan kufur. Membaca kalimat tauhid diresapi dalam hati tidak hanya di lisan saja. Sebab iman tidak bisa dikatakan sah apabila hanya diucapkan di lisan dan tidak disertai kemantapan hati.

          Bacaan hamdalah adalah paling utamanya do’a, sebab do’a itu ibarat dzikir. Orang berdo’a berarti memohon apa yang diinginkan dan sekaligus hasil yang ia pinta. Orang yang muji kepada Allah itu sama seperti memuji pada ni’mat Allah yang telah diberikan. Dan memuji pada ni’mat Allah itu sama seperti memohon supaya ni’mat yang telah diberikan bisa tambah banyak. Sebab Allah telah menjanjikan : apabila kalian menyukuri ni’matku, maka saya pasti memberi lebih kenikmatan kepadamu. Tapi apabila kamu mengkufuri ni’mat, saya akan memberi siksa yang sangat berat. (  Ibrahim:7 )
Rasulullah bersabda : Allah ta’ala telah berfirman: laa ilaaha illallah itu kalamKu. Barang siapa yang membaca kalamKu, maka wajib masuk gedungKu. Dan orang yang masuk gedungKu, pasti selamat dari siksaKu ( HR. Syaeroji ‘an ‘Ali )

          Sesungguhnya membaca laa ilaaha illallah itu bisa menolak 99 musibah. Barang siapa yang membaca kalimat tauhid maka dari mulutnya akan keluar burung hijau yang mempunyai  suwiwi dua yang dihias memakai intan dan mutiara. Burung tersebut terbang naik sampai dibawahnya ‘arsy untuk bersuara gemuruh seperti suara tawon. Kemudian ada yang berkata : hai burung, diamlah!. Burung menjawab: ya Allah saya tidak akan berhenti sebelum engkau memberi kesempatan saya membaca kalimat tauhid . kemudian Allah memberi maaf. Burung tersebut diberi 70 lisan untuk memintakan ampunan kepada orang yang membaca kalimat tauhid sampai hari kiamat. Dan besok di hari kiamat burung tersebut akan menuntun dan menunjukkan kapada orang-orang yang membaca kalimat tauhid masuk syurga.
Orang yang membaca kalimat tauhid untuk menjauhi rasa pamer, maka akan mendapat balasan syurga. Akan menjadi satu dengan para syuhada’ dan sholihin.

           Rasulullah bersabda : barang siapa yang awalnya dan akhirnya ucapannya membaca kalimat tauhid, meskipun setiap hari melakukan 1000 dosa kecil, dan dia hidup 1000 tahun, maka Allah akan mengampuni semua dosanya. Dan barang siapa yang membaca kalimat tauhid 1x saja, maka dosa-dosa kecilnya semua di ampuni meskipun dosanya banyak seperti busa di lautan.
Barang siapa yang masuk pasar membaca “Laa ilaaha illa allah wahdahu La syariikalahu lahu al-mulku walahu al-hamdu yuhyii wa yumiit wahuwa hayyun La yamuutu biyadihi al-khair wahuwa ‘ala kulli syaiin qadiir, dengan suara yang keras, maka Allah akan memberi pahala sejuta kebagusan, memaafkan sejuta dosa kecilnya, dan mengangkat sejuta derajat kemulyaan untuk dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar